Jenis dan kegiatan eksplorasi

|
Menurut Japan Coal Energy Center (1999), ada dua jenis umum eksplorasi, yaitu regional dan detail. Eksplorasi regional adalah kegiatan dengan maksud menemukan, menentukan bagaimana dan dimana endapan itu berada. Sedangkan eksplorasi detail dikerjakan untuk daerah yang lebih spesifik dimana endapan itu berada dan telah terbukti.

Daerah yang akan dieksplorasi dari yang sangat luas sampai dengan daerah dimana seam batubara diketahui. Eksplorasi batubara dapat dilakukan sebagai berikut :

Prospeksi geologi dengan pemboran minimum. Eksplorasi jenis ini umumnya dilakukan pada daerah yang terdapat banyak singkapan (out crop) dan formasi geologinya telah diketahui dengan baik.

Pemboran acak. Metode ini pada daerah yang sebelumnya telah dieksplorasi dengan kondisi geologi yang dapat diperkirakan.

Pemboran dengan menggunakan pola dan pendekatan statistik. Tipe kegiatan ini penting dilakukan pada daerah yang belum terjamah dan kondisi geologinya bervariasi.

Eksplorasi yang dilakukan secara berkesinambungan sangat diperlukan oleh perusahaan tambang batubara untuk mendapatkan informasi mengenai overburden dan karekteristik dari batubara.

0 komentar:

Posting Komentar